SEJARAH DESA

Desa Pegongsoran adalah Desa Hutan, karena letaknya yang berada diantara hutan. Belum diketahui secara pasti tahun berapa pertama kali Desa Pegongsoran itu ada. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, Desa Pegongsoran itu ada seiring dengan sejarah keberadaan Kabupaten Pemalang.

 

Adapun nama PEGONGSORAN, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, berasal dari kata PAGLANGSARAN. Konon ceritanya nama ini diambil dari peristiwa terjatuhnya penunggang kuda ditempat yang terjal, memang secara geografis Desa Pegongsoran berada di tempat yang sedikt tinggi, sehingga banyak jurang-jurangĀ  walaupun tidak dalam. Seiring dengan perkembangan jaman, nama PAGLANGSARAN berubah menjadi PAGONGSORAN, dan untuk mempermudah pengucapan, pada waktu Kepala Desa dijabat oleh Bapak SUNARTO, nama PAGONGSORAN diubah menjadi PEGONGSORAN sampai sekarang. Tidak diketahui secara pasti juga, siapa yang menjabat Kepala Desa pertama kali yang memimpin Desa Pegongsoran, berdasarkan cerita juga, yang mereka ketahui adalah Kepala Desa Pegongsoran pertama adalah Bapak Kepus, ini bukan nama sebenarnya, nama yang sebenarnya belum diketahui, dan tidak diketahui tahun pertama kali mulai menjabat. Kemudian digantikan oleh Bapak Daryono sebagai kepala Desa yang kedua, juga tidak diketahui tahun pertama kali menjabat. Sehubungan usia yang sudah lanjut, sekitar tahun 1961 diadakan pemilihan Kepala Desa dan yang dipercaya untuk menjabat sebagai kepala Desa adalah Bapak Daslam sampai dengan tahun 1989. Dan setelah itu berturut-turut diadakan pemilihan kepala desa sesuai dengan masa jabatan yang tercantum dalam Undang-Undang dan Peraturan Daerah sebagai berikut:

Tahun (1989-1998) Kepala Desa dijabat oleh Bapak Sunarto, tahun (1999-2006) Kepala Desa dijabat oleh Bapak Susmoro, tahun (2007-2012) untuk kedua kalinya Kepala Desa dijabat oleh Bapak Susmoro, tahun (2013-2018) Kepala Desa dijabat oleh Ibu Yayah Dahlia Rokayah.

Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang